Pengertian Pendapatan

Pengertian Pendapatan

Pengertian Pendapatan (Revenue) - Pendapatan adalah jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari aktivitasnya, kebanyakan dari penjualan produk dan/atau jasa kepada pelanggan. Bagi investor, pendapatan kurang penting dibanding keuntungan, yang merupakan jumlah uang yang diterima setelah dikurangi pengeluaran.

Pertumbuhan pendapatan merupakan indikator penting dari penerimaan pasar dari produk dan jasa perusahaan tersebut.

Berikut inilah beberapa pengertian pendapatan:

Menurut PSAK NO.23 paragraf 6 Ikatan Akuntan Indonesia (2010;23.3) menyatakan bahwa:
“Pendapatan adalah arus kas masuk bruto dari manfaat ekonomi yang timbul dari aktivitas normal perusahaan selama satu periode bila arus masuk tersebut mengakibatkan kenaikan ekuitas, yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal”.

Menurut Kieso, Donald E, Jerry J, Weygandt, Terry D, Warfield (2008;516) menyatakan bahwa:
“Pendapatan adalah arus kas masuk aktiva dan atau penyelesaian kewajiban akibat penyerahan atau produksi barang, pemberian jasa, atau kegiatan menghasilkan laba lainnya atau produksi barang, pemberian jasa, atau kegiatan menghasilkan laba lainnya yang membentuk operasi utama atau inti perusahaan yang berkelanjutan selama satu periode”.

Menurut Kieso, Donald E, Jerry J, Weygandt, Terry D, Warfield (2002:101) menyatakan:
“Revenue are the inflow of asset and/or settlements of liabilities from delivering or producing good, rendering services, or other earning activities that constitute an enter price’s on going major or central operations during a periode” .

Menurut Stice, James D, Earl K.Stice, K.Fred Skousen (2009:493) menyatakan bahwa:
“Pendapatan adalah arus masuk atau peningkatan lain dari suatu asset suatu entitas atau penulasan utang-utangnya (atau kombinasi dari keduanya) yang dihasilkan dari penyerahan atau produksi barang, pemberian jasa, atau aktivitas-aktivitas lainnya yang merupakan operasi utama atau operasi sentral yang berkelanjutan dari entitas tersebut”

Menurut Baridwan, Zaki (2000;30) menyatakan bahwa:
“Pendapatan adalah aliran masuk harta-harta (aktiva) yang timbul dari penyerahan barang atau jasa yang dilakukan oleh suatu unit usaha selama satu periode tertentu”.

Menurut John J. Wild (2003;311) secara garis besar pendapatan dapat ditinjau dari dua sisi, yaitu :
Pendapatan Menurut Ilmu Ekonomi, Pendapatan merupakan nilai maksimum yang dapat dikonsumsi oleh seseorang dalam suatu periode dengan mengharapkan keadaan yang sama pada akhir periode seperti keadaan semula.
Pendapatan Menurut Ilmu Akuntansi, Ilmu akuntansi melihat pendapatan sebagai sesuatu yang spesifik dalam pengertian yang lebih mendalam dan lebih terarah.

Menurut Niswonger (2006;56), menjelaskan definisi pendapatan adalah sebagai berikut:
“Pendapatan merupakan kenaikan kotor ( gross) dalam modal pemilik yang dihasilkan dari penjualan barang dagang, pelaksanaan jasa kepada klien, menyewakan harta, peminjaman uang, dan semua kegiatan usaha profesi yang bertujuan untuk memperoleh penghasilan”.

Menurut Nafarin (2006;15), menjelaskan definisi pendapatan adalah sebagai berikut:
“Pendapatan adalah Arus masuk harta dari kegiatan perusahaan menjual barang dan jasa dalam suatu periode yang mengakibatkan kenaikan modal yang tidak berasal dari kontribisi penanaman modal. Pendapatan dari kegaiatan perusahaan dagang dasarnya adalah suatu proses mengenai arus penciptaan barang dan jasa oleh perusahaan selama jangka waktu tertentu”.

Keyword: pengertian pendapatan nasional - pengertian pendapatan perkapita - pengertian pendapatan menurut para ahli - pengertian pendapatan asli daerah - pengertian pendapatan dalam akuntansi - pengertian pendapatan daerah - pengertian pendapatan bunga - pengertian pendapatan diterima dimuka - pengertian pendapatan usaha - pengertian pendapatan jasa - pengertian pendapatan nasional bruto - pengertian pendapatan operasional - pengertian pendapatan riil - pengertian pendapatan akuntansi - pengertian pendapatan bersih - pengertian pendapatan bunga dalam akuntansi - pengertian pendapatan badan usaha - pengertian pendapatan bebas = definisi pendapatan - pengertian pendapatan bruto
Previous
Next Post »